Tiga Hal yang Perlu Dihindari Saat Berhijab


Menggunakan hijab, merupakan kewajiban wanita muslimah. Beberapa waktu lalu, busana hijab masih kurang digemari karena dianggap ribet dan kuno. Sebenarnya pakaian hijab memang bukan untuk gaya-gayaan, melainkan untuk melindungi perempuan muslim agar aurat kita tidak sembarangan dilihat orang. Berita baiknya, saat ini hijab sudah banyak berkembang, namun berita kurang baiknya, masih banyak yang menggunakan hijab dengan cara yang salah.

Seperti kata Okky Asokawati, berhijab itu juga merupakan sebuah proses. Mungkin kita tidak begitu saja menggunakan hijab dengan sempurna, namun tidak ada salahnya untuk menghindari kesalahan-kesalahan seperti berikut ini.

1. Rambut yang Mencuat
Seringkali rambut muncul dari bagian kening maupun dekat telinga, bahkan ada yang mencuat dari dalam hijab bagian belakang. Hal ini bisa terjadi karena kita tidak menggunakan inner hijab, menggunakan inner hijab yang salah atau mengikat rambut dengan cara yang salah.

Solusi: Untuk ikatan rambut, jangan terlalu kencang dan jangan terlalu tinggi. Hal ini karena ikatan rambut terlalu kencang dapat merusak rambut dan ikatan rambut yang terlalu tinggi bisa membentuk tonjolan atau punuk, karena sebenarnya gaya jilbab dengan kepala membesar atau meninggi tidak sesuai dengan syarat berjilbab yang benar. Ikat rambut ke bagian bawah atau potong rambut menjadi pendek bila Anda gerah.

Untuk inner jilbab, gunakan inner jilbab yang tidak mudah molor. Ada banyak inner jilbab ninja yang elastis di bagian wajah. Dengan inner jilbab semacam ini, rambut bisa tertahan di dalam .

2. Jilbab 'Mickey Mouse' dan Transparan
Beberapa orang masih menggunakan jilbab dengan kedua kuping dan leher masih nampak dengan jelas. Beberapa orang menyebut jilbab semacam ini adalah jilbab Mickey Mouse karena menunjukkan telinga. Maka sudah jelas hijab semacam ini tidak cukup menutupi tubuh. Atau menggunakan hijab transparan yang tidak disiasati agar tidak memperlihatkan tubuh bagian dalam.

Solusi: Jilbab yang baik adalah yang menutupi bagian kepala, menyisakan bagian wajah saja. Gunakan jilbab yang nyaman agar tidak merasa panas maupun gerah. Bahan rayon atau kaos pada inner hijab, bisa menyerap keringat dan terasa nyaman di kulit. Untuk jilbab transparan pada jilbab segi empat, bisa disiasati dengan melipatnya menjadi segitiga, atau bisa juga menggunakan inner hijab ninja yang panjang agar menutupi bagian dalam kepala dan leher.

3. Hijab Tidak Menutupi Daerah Dada
Saat menggunakan hijab, seringkali ada yang melilitkannya di leher atau membiarkan bagian dada hingga perut tidak tertutup. Otomatis bentuk dada dan pinggang kita akan nampak dengan jelas.

Solusi: Pilih style hijab yang bisa mengover area dada dan perut. Tidak perlu banyak aksen, yang penting tidak membuat Anda ribet dan seringkali harus membetulkan hijab Anda.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Example dengan judul Tiga Hal yang Perlu Dihindari Saat Berhijab. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://oksigan.blogspot.com/2013/06/tiga-hal-yang-perlu-dihindari-saat.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Oksigan

Belum ada komentar untuk "Tiga Hal yang Perlu Dihindari Saat Berhijab"

Post a Comment